Robin Hood : Legenda Inggris ala Ridley Scott


Apa jadinya jika dua peraih Oscar berduet dalam sebuah film? Pastinya sebuah tontonan yang berkelas. Diarahkan oleh seorang sutradara yang handal membuat film-film bertema kolosal menjadikan film terbaru produksi Universal Pictures ini sangat layak menjadi sebuah tontonan yang sangat sayang untuk dilewatkan.Robin Longstride (Russell Crowe) yang berada di divisi pasukan pemanah Inggris berusaha mencari nasibnya sendiri setelah dihukum oleh Raja Richard akibat kejujurannya mengenai perang salib yang dikobarkan oleh raja Inggris itu. Setelah berhasil kabur bersama kawan-kawannya, Robin harus menerima kenyataan bahwa ia harus menepati janjinya dan membawa berita duka ke Inggris.
Sedangkan di London, Inggris,Pangeran John (Oscar Isaac) yang merupakan adik kandung King Richard, bersenang-senang tanpa mempedulikan sang kakak yang sedang berperang dengan Perancis demi meretas jalan pulang ke Inggris. Setelah kematian sang raja, Pangeran John akhirnya didapuk menjadi raja Inggris. Lewat kebijakan yang otoriter, raja baru itu menerapkan sistem pemungutan pajak yang tinggi kepada rakyatnya dan mendaulat Godfrey (Mark Strong) yang ternyata pengkhianat menjadi marshall (panglima) baru di kerajaannya.
Godfrey yang ditunjuk menjadi komandan pasukan Inggris ternyata malah membantai pasukan yang setia kepada Inggris. Dengan alasan tidak mau membayar pajak, para pasukan Inggris yang dipimpin oleh para bangsawan ini dibunuh dan kota mereka dibakar. Para bangsawan Inggris yang merasa kecewa kepada raja baru mereka, mulai merencanakan pemberontakan untuk menggulingkan raja yang otoriter itu.
Kalau anda pernah menyaksikan film Robin Hood: Prince of Thieves yang dibintangi oleh Kevin Costner pada 1991, maka film Robin Hood garapan sutradara handal Ridley Scott ini akan sedikit berbeda. Ridley yang sukses membesut film dengan tema perang seperti Gladiator (2000), dan Kingdom of Heaven (2005) terbukti bisa menghapus memori penonton dari image Robin yang selama ini melekat pada Kevin Costner. Kita akan melihat perang ala Ridley, saat tentara Perancis yang dipimpin oleh rajanya saat itu, Raja Philippe, menyerbu bibir pantai Inggris yang disambut oleh pasukan Inggris.
Selain cerita yang berbeda dengan pendahulunya, karakter Robin yang diperankan oleh Russel Crowe terlihat lebih serius dan tegar. Sedangkan sosok Lady Marian yang diperankan oleh Cate Blanchett juga sangat apik dibawakan oleh aktris asal Australia ini. Cerita juga lebih banyak bergulir pada konflik di dalam kerajaan Inggris sendiri. Sedangkan untuk penggambaran hutan Sherwood dan penghuninya sedikit sekali ditampilkan oleh sang sutradara, namun sangat berpengaruh pada awal kisah legenda dari Inggris ini.

0 comments:

Post a Comment

Picture Add

Picture Add

Souvenir

Followers

 

Info. Copyright 2010 All Rights Reserved Ayouenk